Keyboard

=============================Assalamualaikum=============================
Selamat datang sobat, ketemu lagi di antex community Dunia ilmu tanpa batas. Kali ini saya akan pembahasan pengertian dan definisi keyboard, kemudian jenis-jenis keyboard, gejala-gejala pada keyboard dan berakhir berbagai komponen pada keyboard. Untuk selengkapnya sobat bisa baca kelanjutannya. Disini akan saya pembahasan secara rinci agar, mudah dimengerti oleh sobat.


Keyboard merupakan unit input yg paling penting dalam suatu pengolahan data dgn komputer. Juga termasuk alat untuk memasukkan karakter ASCII yg mana alat masukan ini akan diterjemahkan system sehingga akan menghasilkan suatu perintah. Keyboard dapat berfungsi memasukan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (Pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yg diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yg diciptakan dan di patentkan oleh Chrisstopher Latham pada tahun 1868. Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Remington. Keyboard yg digunakan sekarang ini belah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.

Keyboard pada dasarnya hampir sama bentuk dan fungsinya dengan mesin ketik. Perbedaannya hanya terletak pada hasil output atau tampilannya. Jika kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa yang sudah diketikan dan setiap satu huruf atau simbol yang diketikan akan terlihat hasilnya langsung pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apapun yang diketikan, hasil atau keluarannya akan terlihat di layar monitor terlebih dahulu,kemudian dapat di modifikasi atau melakukan perubahan bentuk tulisan, kesalahan pengetika dll.
Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, Usb, dan Wireless



"Jenis Jenis Keyboard"


  • Jenis QWERTY
  • Jenis DVORAK 
 

  • Jenis KLOCKENBERG 

  Keyboard yg biasannya dipakai adalah jenis QWERTY, yg bentuknya mirip seperti tuts pada mesin tik.
Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. Typewrite key (Tombol Ketik) yaitu tombol untuk pengetikkan. tombol ini mempunyai sifat typematic, artinya akan melakukan perulangan ketik apabila tombolnya ditekan terus
menerus. Tombol yang termasuk dalam bagian ini adalah tombol semua huruf (Q.W.E.R.T.Y dst.).
2. Numeric key (Tombol Papan Angka) Fungsinya untuk mengetikkan angka apabila tombol Num Lock di aktifkan.
3. function key (Tombol Fungsi) Letaknya persis diatas tombol ketik, ditandai dengan tombol F1 sampai tombol F12. Masing-masing
tombol mempunyai fungsi yang berbeda sesuai dengan aplikasi program yang digunakan.
4. Cursor movement (Tombol Pergerakan Kursor)
Fungsinya untuk menggerakkan kursor. Terletak di sebelah kanan tombol ketik.
4. Special Function key



"Gejala Gejala Pada Keyboard"

Keyboard tidak terdeteksi, gejalanya muncul komentar "keyboard error or now in keyboard present".
Pesan ini tampil pada saat komputer start. Karena pada saat komputer melakukan POST, maka seluruh perangkat yang ada pada komputer tersebut akan diperiksa kondisinya. Demikian juga dengan keyboard. Jika pada saat diperiksa ternyata ada masalah dengan keyboard, maka komputer akan menampilkan pesan seperti diatas.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan timbulnya masalah ini, yaitu :
1. Keyboard belum terpasang dengan benar pada konektornya.
2. Salah satu kabel keyboard ada yang putus.
3. Salah satu atau beberapa tombol pada keyboard tertekan pada saat proses POST. Akibat tertekannya tombol tersebut, maka komputer akan mengenali sebagai adanya rangkaian yang terhubung singkat pada keyboard. Masalah ini biasanya ditandai dengan bunyi bip pendek terus menerus.
4. Diluar kemungkinan diatas, maka kemungkinan kerusakan adalah rangkaian elektronik pada keyboard atau rusaknya rangkaian controller keyboard pada mainboard. Untuk memastikan hal ini, cobalah periksa dengan keyboard lain jika masalah masih berlanjut, maka pastikan kerusakan pada controller.

Untuk menanggulangi masalah tersebut lakukan hal berikut :
- Matikan PC, jika dalam keadaan di window dekstop gunakan mouse untuk melakukan shutdown. Jika di luar desktop atau komputer mengalami hank tekan tombol power, jangan di lepas sampai PC benar mati.
- Buka PS2 nya (Konektor) lalu masukan lagi, dan nyalakan kembali komputernya. Jika masih tidak terdeteksi coba dgn keyboard lain. Jika keyboard baru terdeteksi maka keyboard yg lama rusak. Jika masih tidak berfungsi kemungkinan konektornya rusak. Ganti dgn yg keyboard yg berkonektor COM.
- Jika tombol keyboard tidak berfungsi dan kotor bersihkan keyboard dgn menggunakan parfum cleaner atau karet penghapus dll..


"Komponen Pada Keyboard"

Keyboard komputer, secara  fisik mempunyai bentuk  seperti halnya keyboard pada  mesin ketik manual/elektronik.
Dengan digunakannya microprocessor, maka data yang ada bisa langsung dikirim ke CPU melalui keyboard. Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka pegas yang ada  dibawahnya akan menekan
logam yang ada dibawahnya, dan menyebabkan arus listrik bisa  mengalir melewatinya. Arus itu kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang disebut microprocessor.
Pada chip ini terdapat pel bagai alamat sehingga bisa diketahui, tombol mana yang ditekan. Sinyal-sinyal listrik ini kemudian diteruskan pada RAM sampai PC yang ada digunakan secara lebih lanjut. Pada saat yang sama, keyboard microprocessor juga meneruskan informasi yang  ada ke Input Contoller. Dari
Input controller inilah informasi yang ada kemudian bisa diterima oleh CPU agar informasi yang bersangkutan dapat ditampilkan pada layar monitor.


Sampai disana sobat, beberapa pembahasan tentang keyboard. Jangan lupa kasih komentar ya bila sobat masih ada yang belum pahami. Untuk artikel lainnya sobat bisa baca juga. Jangan lupa share, tweet, juga like ya. Sampai jumpa lain waktu.
                                                                Terima Kasih
=====================================================================


Komentar