Memory RAM

==========================Assalamualaikum============================
Apa kabar sobat, ketemu lagi bersama saya. Selamat beraktivitas ya. Semoga hari hari sobat berjalan lancar. Kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dan fungsi memory akan saya bahas definisinya secara lengkap. Mulai dari bagaimana pengertian memory, hal hal yang harus diperhatikan pada memory, jenis jenis memory, cara merawat memory, juga masalah yang sering muncul pada memory. Berikut akan saya bahas satu persatu. Untuk selengkapnya silahkan sobat baca.


Memori Akses Acak (RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Komponen ini sangat berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Random Acces Memory (RAM) ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan file file program yg sedang dijalankan oleh komputer. RAM atau Memory ini juga merupakan sebuah perangkat hardware yang di pasang pada Motherboard sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dgn menyimpan dan menyuplai data data penting yg dibutuhkan Processor dengan berat untuk diolah menjadi informasi. Semakin besar kapasitasnya maka akan semakin cepat juga prosesnya.
Memory pertama kali dikenal pada tahun 60-an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor
belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama
magnetic. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori baca saja ROM (read only memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka panjang. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM (memori utama) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
Kapasitas pada Memory : 8Mb, 16Mb, 32Mb, 64Mb, 128Mb, 256Mb, 512Mb, 1Gb Up to



"Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Memory / RAM"

Pertama dapat di lihat dari jenis memorynya atau pada jenis slot DIMMnya, untuk memori SDRAM, soket DIMM yang harus dimiliki adalah soket 168 pin, sementara untuk memori jenis DDR, soket yang dipasang adalah soket 184 pin.


"Jenis Jenis Memory / RAM"

* SDRAM Untuk pentium 3 kebawah
* DDR 1, 2, 3 Untuk pentium 3 keatas
Tipe umum RAM Beberapa jenis RAM. Dari atas ke bawah :
DIP, SIPP, SIMM 30 pin, SIMM 72 pin, DIMM, DDR DIMM. SRAM atau Static RAM NV-RAM atau Non-Volatile RAM DRAM atau Dynamic RAM Fast Page Mode DRAM EDO RAM atau Extended Data Out DRAM XDR DRAM SDRAM atau Synchronous DRAM DDR SDRAM atau Double Data Rate
Synchronous DRAM sekarang (2005) mulai digantikan dengan DDR2 RDRAM atau Rambus DRAM Tipe tidak umum RAM Dual ported RAM Video RAM, memori port ganda dengan satu port akses acak dan satu port akses urut.



"Cara Merawat Memory"

* Secara Hardware dapat dilakukan sebagai berikut :
Membersihkan Kaki kaki konektor pada memory menggunakan contack cleaner.


"Masalah pada Memory"

kerusakan Memory diketahui :
- Pada kode beef Award BIOS yg berbunyi : 1 beef panjang = Problem di memory.
beef terus menerus = Kerusakan di modul memory / modul video.
- Pada kode beef AMI BIOS yg berbunyi : 1 beef pendek = DRAM gagal merefresh.
2 beef = Sirkuit gagal mengecek keseimbangan DRAM property (System Memory).
3 beef = BIOS gagal mengakses Memory 64Kb pertama.
11 beef = chase Memory error.
1 beef - 3 beef = contentional lektended memory rusak.
- Pada kode beef IBM BIOS yg berbunyi : tidak ada beef / beef terus / beef pendek berulang ulang = Power Supply rusak, card monitor / RAM tidak terpasang.


"komponen pada memory"

Secara fisik, komponen PC yang satu ini termasuk komponen dengan ukuran yang kecil dan sederhana. Dibandingkan dengan komponen PC lainnya. Sekilas, ia hanya berupa sebuah potongan kecil PCB, dengan beberapa tambahan komponen hitam. Dengan tambahan titik-titik contact point, untuk memory berinteraksi dengan motherboard. Inilah di antaranya. PCB (Printe d Circuit Board) Pada umumnya, papan PCB berwana hijau. Pada PCB inilah beberapa komponen chip memory terpasang. PCB ini sendiri tersusun dari bebe- rapa lapisan (layer). Pada setiap lapisan terpasang jalur ataupun sirkuit, untuk mengalirkan listrik dan data. Secara teori, semakin banyak jumlah layer yang digunakan pada PCB memory, akan semakin luas penampang yang tersedia dalam merancang jalur. Ini memungkinkan jarak antar jalur dan lebar jalur dapat diatur dengan lebih leluasa, dan menghindari noise interferensi antar jalur pada PCB. Dan secara keseluruhan akan membuat modul memory tersebut lebih stabil dan cepat kinerjanya. Itulah sebabnya pada beberapa iklan untuk produk memory, menekankan jumlah layer pada PCB yang digunakan modul memory produk yang bersangkutan. Contact Point Sering juga disebut contact finger, edge connector, atau lead . Saat modul memory dimasukkan ke dalam slot memory pada motherboard, bagian inilah yang menghubungkan informasi antara motherboard dari dan ke modul memory. Konektor ini biasa terbuat dari tembaga ataupun emas. Emas memiliki nilai konduktivitas yang lebih baik. Namun konsekuensinya, dengan harga yang lebih mahal. Sebaiknya pilihan modul memory disesuaikan dengan bahan konektor yang digunakan pada slot memory motherboard. Dua logam yang berbeda, ditambah dengan aliran listrik saat PC bekerja lebih memungkinkan terjadinya reaksi korosif. Pada contact point, yang terdiri dari ratusan titik, dipisahkan dengan lekukan khusus. Biasa disebut sebagai notch. Fungsi utamanya, untuk mencegah kesalahan pemasangan jenis modul memory pada slot DIMM yang tersedia di motherboard. Sebagai contoh, modul DDR memiliki notch berjarak 73 mm dari salah satu ujung PCB (bagian depan). Sedangkan DDR2 memiliki notch pada jarak 71 mm dari ujung PCB. Untuk SDRAM, lebih gampang dibedakan, dengan adanya 2 notch pada contact pointnya. DRAM (Dynamic Random Access Memory) Komponen-komponen berbentuk kotak-kotak hitam yang terpasang pada PCB modul memory inilah yang disebut DRAM. Disebut dynamic, karena hanya menampung data dalam periode waktu yang singkat dan harus di-refresh secara periodik. Sedangkan jenis dan bentuk dari DRAM atau memory chip ini sendiri cukup beragam. Chip Packaging Atau dalam bahasa Indonesia adalah kemasan chip. Merupakan lapisan luar pembentuk fisik dari masing- masing memory chip.
 

Udah sampai disitu sobat,masih banyak kekurangannya sih untuk itu mohon di maklum. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan sobat poskan komentarnya. Untuk Artikel lainnya tentang Processor, perangkat software, dan system operation bisa sobat baca juga. Don't forget ya tinggalkan komentarnya ya di bawah atau di buku tamu (Samping kanan atas) cuma sertain alamat url dan nama sobat. Jangan lupa like tweet and share sama teman-teman sobat ya.

                                                                  Terima Kasih
===================================================================