Perangkat Keras (Hardware)

===========================Assalamualaikum=============================== 
"Selamat datang sobat,babai kamu baru saja memilih tentang "Perangkat Hardware" disini saya akan membahas beberapa pengertian mengenai perangkat hardware / perangkat keras. Mulai dari secara fisik, kegunaan, juga macam hardware. Memang belum atau kurang sempurna tapi ini yang saya tahu. Untuk kedepannya akan saya buat lebih baik lagi.love
Sekarang selamat membaca ya sobat. Semoga bermanfaat.... ! bacalove13love28


Hardware adalah semua bagian dari sebuah komputer yg sifatnya alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yg berbentuk nyata, yg berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. dalam bentuk fisiknya, dapat dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang dibuat“”ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yg telah ditentukan ada padanya, atau yg juga disebut dgn istilah instruction set. Dengan adanya perintah yg dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yg telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, komputer terdiri dari beberapa komponen yg merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen komponen yg saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yg ada pada kompoter dgn baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (Hardware).



"Macam Macam Hardware"


Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

a. Unit Device (Unit Masukan)
Peranti atau perangkat masukan adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer.
Peranti masukan dapat  dikelompokkan berdasarkan  beberapa hal :
  1.  cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atau audio
  2.  masukan diskret (tekanan  tombol) atau kontinu (posisi tetikus)
  3.  derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi  pada navigator untuk aplikasi  CAD. 
Jenis peranti masukan  utama antara lain adalah papan ketik, peranti penunjuk, pemindai, perangkat masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.).
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar ke dalam suatu memory dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yg di perlukan. Data yg dimasukan ledakan sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yg dimasukkan kedalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yg digunakan untuk mengolah data yg di masukkan. Jadi input device dapat pula digunakan untuk memasukan program.
Input terbagi 2, yaitu :
  •  Peralatan Input
Langsung adalah input yg dimasukan langsung diproses oleh alat  pemroses.
Contohnya :
Keyboard, Mouse,  Touch screen, Light pen,  Digitizer graphics tablet, scanner, JoyStick dan Games Paddle Kamera Digital, Mikropon, Headphone, Graphics Pads,Barcode dll.
  •  Peralatan Input tidak langsung
adalah peralatan input yg  melalui media tertentu  sebelum suatu input  diproses oleh alat pemroses.
Contohnya :
punched card, disket,  harddisk.

b. Process Device (Unit Pemrosesan)
Unit Pemrosesan adalah unit yg berfungsi untuk menjalankan komputer yg mengambil perintah dari Unit Masukan (Input).

Unit pemrosesan terdiri dari :
- Power Supply
- RAM (Random Access Memory)
- VGA Card
- Processor
- Motherboard

c. Output Device (Unit Keluaran)
 Output Device adalah unit keluaran yg berfungsi untuk menampilkan hasil pemrosesan dari Proses Device. dapat berupa gambar, video, suara, maupun text.
Unit keluaran terdiri dari :
- Monitor
- Printer
- Speaker

d. Backing Storage (Unit Penyimpanan)
Unit ini berfungsi untuk menyimpan system operasi maupun file. 

Unit penyimpanan terdiri dari :
- Harddisk (HDD)
- Floopy Disk (FDD)

e. Periferal (Unit tambahan)
- Modem
- Sound Card

 Komponen Utama pada Cpu
- Motherboard / Mainboard
- Processor
- Harddisk
- Power supply
- Memory (RAM)
- VGA On Board
- CD / DVD Room

 Komponen Periferal
- Mouse
- Keyboard
- Monitor / LCD / Proyektor
- Printer
- Scanner
- Sound Card
- Joystick

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
- Processor
- Papan induk (motherboard)
- Chipset
- AGP
- Soket Memori
- Soket Processor
- CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor).
- Soket Catu Daya (power supply, fan)
- Konektor Casing
- Paralel Port Untuk Menghubungkan Printer
- USB Port Untuk menghubungkan device yang mensupport Usb.

Udah sampai disitu sobat,kurang lebihnya mohon di maklum... Untuk pertanyaan lebih lanjut hubungi dokter adacall Ekhh, hubung saya maksudnya..gelakguling Untuk Artikel lainnya tentang Pengertian komputer, logika kerja komputer,dan system operation bisa sobat baca juga. doa
 Don't forget ya tinggalkan komentar di bawah atau di buku tamu (Samping kanan atas) cuma sertain alamat email dan nama sobat. tepuktangantepuktangan
                                 Sobat perlu ilmu saya perlu komentar..
                                                      Semoga Bermanfaat sobat...agree5
========================================================================

Komentar