Masalah dan Cara Perbaikan Pada Keyboard

============================Assalamualaikum=============================
Selamat datang sobat, selamat beraktifitas, dan bekerja. Disini saya bahas mengenai masalah pada perangkat keras periferal yaitu keyboard. Mulai dari Masalah atau gejala yang sering muncul pada keyboard, penyebabnya kerusakan pada keyboard, juga cara-cara memperbaikinya. Untuk selengkapnya silahkan sobat baca.
Semoga bermanfaat sobat dan dapat di amalkan.

Keyboard merupakan unit input yg paling penting dalam suatu pengolahan data dgn komputer. Juga termasuk alat untuk memasukkan karakter ASCII yg mana alat masukan ini akan diterjemahkan system sehingga akan menghasilkan suatu perintah. Baca selengkapnya mengenai Pengertian keyboard.

Berikut adalah beberapa Masalah yang bisa muncul pada Keyboard, yaitu :


1. Keyboard tidak terdeteksi


Jika Keyboard tidak terdeteksi, maka gejalanya akan muncul komentar "keyboard error or now in keyboard present".

Pesan ini tampil pada saat komputer start (POST). Karena pada saat komputer melakukan POST, maka seluruh perangkat yang ada pada komputer tersebut akan diperiksa kondisinya. Demikian juga dengan keyboard. Jika pada saat diperiksa ternyata ada masalah dengan keyboard, maka komputer akan menampilkan pesan seperti diatas.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan timbulnya masalah ini, yaitu :
1. Keyboard belum terpasang dengan benar pada konektornya.
2. Salah satu kabel keyboard ada yang putus.
3. Salah satu atau beberapa tombol pada keyboard tertekan pada saat proses POST. Akibat tertekannya tombol tersebut, maka komputer akan mengenali sebagai adanya rangkaian yang terhubung singkat pada keyboard. Masalah ini biasanya ditandai dengan bunyi bip pendek terus menerus.
4. Diluar kemungkinan diatas, maka kemungkinan kerusakan adalah rangkaian elektronik pada keyboard atau rusaknya rangkaian controller keyboard pada mainboard. Untuk memastikan hal ini, cobalah periksa dengan keyboard lain jika masalah masih berlanjut, maka pastikan kerusakan pada controller.
5. Kerusakan pada IC yang terdapat pada keyboard.

Cara perbaikan :
Bila sobat mengalami hal tersebut, untuk menanggulangi masalah tersebut lakukan hal berikut :
1. Matikan PC terlebih dahulu
Jika dalam keadaan di window dekstop gunakan mouse untuk melakukan shutdown. Jika di luar desktop atau komputer mengalami hank tekan tombol power, jangan di lepas sampai PC benar mati.
2. Buka konektornya dan masukan lagi, dan nyalakan kembali komputernya. Jika masih tidak terdeteksi coba dengan keyboard lain.

Dari perbaikan diatas masalah yang dapat dianalisis adalah :
- Jika keyboard baru terdeteksi maka keyboard yg lama rusak.
- Jika masih tidak berfungsi kemungkinan konektornya rusak. Ganti dgn yg keyboard yg berkonektor COM.
- Jika tombol keyboard tidak berfungsi dan kotor bersihkan keyboard dgn menggunakan parfum cleaner atau karet penghapus.

2. Respon Keyboard terlalu cepat

Apabila keyboard yang sobat gunakan terlalu peka atau terlalu berat merespon penekanan tombol, sehingga tombol yang ditekan akan menghasilkan cetakan rangkap (berulang).

Contoh Masalah :
Pada saat sobat membuat dokumen dan menekan tombol a dengan sekali sentuh untuk mengetik a ternyata yang terketik menjadi aaa.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan timbulnya masalah ini, yaitu :
1. Keyboard sudah lemah atau kotor.
2. Setup typematic rate terlalu pendek pada BIOS. Hal ini penyebabkan periode pembacaan respon dari keyboard menjadi lebih sering (periode waktu yang pendek).
3. Ada komponen keyboard yang rusak.

Cara Perbaikan :
Untuk menanggulangi masalah diatas lakukan hal-hal berikut ini :
- Jika keyboard kotor, bersihkan bagian dalam keyboard.
- Jika tombol lemah (cetakan rangkap), Gantilah tombol yang menghasilkan cetakan rangkap itu, meski demikian, pada keyboard-keyboard jenis baru tidak memungkinkan, karena dibuat dengan menggunakan sebuah lembaran plastik yang dilapisi karbon sebagai penggantarnya.
- Jika setup typematic rate terlalu pendek pada BIOS. Sesuaikanlah ratenya menjadi default. Jangan terlalu panjang atau pendek.

3. Tombol Keyboard tidak enak ditekan

Jika sobat mengalami permasalahan lain yang berhubungan dengan penggunaan keyboard, yaitu saat sobat mengetik dan merasa kurang nyaman. Hal ini dikarenakan kebersihan dari keyboard kurang terjaga, akibatnya tombol-tombol pada keyboard tidak lancar dan tidak enak di tekan.
Bersihkankah keyboard, Minimal 1 bulan sekali.

Sekian pembahasan mengenai masalah dan cara memperbaiki keyboard ini sobat, untuk lebih memahami tentang ilmu komputer, jangan lupa sering-sering mampir kesini lagi ya ke Antex Community Dunia Komputer Ilmu Tanpa Batas. Untuk artikel lainnya sobat bisa baca juga. Jangan lupa like, tweet, dan share sama teman-teman sobat ya.
Terima Kasih
================================================================


Komentar